Blog ›

Cara Gampang Buat WhatsApp Bisnis dalam 5 Langkah!

I

Para pemilik bisnis tentunya memiliki strategi dalam membangun hubungan baik dengan konsumennya. Nah, cara yang bisa dilakukan untuk membangun hubungan baik tersebut adalah dengan berkomunikasi langsung dengan mereka.

Dalam membangun komunikasi, kamu bisa menggunakan aplikasi media sosial yang bisa digunakan seperti contohnya WhatsApp Business. Aplikasi ini memiliki kelebihan yang diperuntukkan bagi para pelaku bisnis untuk mengelola usahanya.

WA Bisnis ini memiliki banyak fitur yang mendukung profil bisnis yang kamu jalankan. Tapi, bagaimana sih cara buat akun WA bisnis? Simak terus artikel ini hingga akhir ya!

Apa Itu WhatsApp (WA) Bisnis?

WhatsApp Business atau WA Bisnis adalah aplikasi perpesanan yang ditujukan untuk keperluan bisnis dengan segudang fitur yang menunjang aktivitas komunikasi antara brand dengan audiensnya. Selain itu, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis oleh pengguna

Dikutip dari laman Entrepreneur, WhatsApp telah bergabung ke dalam bisnis dengan menawarkan WhatsApp Business, aplikasi gratis untuk pemilik usaha kecil, menengah, startup, bahkan korporasi yang dapat digunakan di perangkat seluler Android maupun iOS.

Aplikasi ini memberikan kamu berbagai fasilitas untuk dapat berinteraksi dan terlibat dengan pelanggan secara langsung, personal, dan juga terarah.

Sejak pertama kali WA Bisnis diluncurkan, Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. Selanjutnya diikuti negara-negara lain seperti Malaysia, Thailand, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu WhatsApp Business Beserta 5 Fitur Hebatnya

Selanjutnya, gimana sih cara buat akun WhatsApp atau WA Bisnis ini? Berikut 5 langkah mudahnya!

Langkah 1: Download Aplikasinya di Google Play Store atau App Store

Cara buat akun WhatsApp Business yang pertama adalah kamu harus mengunduh aplikasi yang bernama WhatsApp Business yang tersedia di Google Play Store bagi pengguna Android, atau App Store bagi pengguna iOS.

Jangan sampai keliru antara WhatsApp Messanger dan WhatsApp Business ya, karena keduanya hampir-hampir mirip. Hati-hati juga dengan aplikasi serupa yang mungkin saja berbahaya karena akan mengambil data-datamu.

download aplikasi whatsapp business di playstore atau di app store

Langkah 2: Buat Akun dengan Mendaftarkan Nomor Telepon yang Aktif

Kedua, kamu harus membuat akun baru dengan mendaftarkan nomor telepon aktif yang memang dikhususkan untuk menjalankan bisnismu. Nantinya juga akan ada tahap verifikasi baik melalui SMS atau telfon berupa kode yang dikirimkan ke nomor yang didaftarkan.

pendaftaran akun whatsapp business dan verifikasi nomor telepon

Langkah 3: Isi Informasi Umum Mengenai Bisnis

Langkah selanjutnya dalam membuat akun WhatsApp Business, setelah nomor teleponmu sudah selesai didaftarkan sekaligus diverifikasi, kamu wajib mengisi informasi umum mengenai bisnis.

Kamu bisa mengisi mulai dari nama bisnis, kategori, deskripsi bisnis, dan juga alamat toko. Lalu dilanjutkan dengan beberapa setting-an awal apabila diinginkan seperti katalog produk, namun kamu bisa skip langkah ini untuk diatur nantinya.

Setelahnya, kamu akan dibawa ke tampilan depan dari WhatsApp Bisnis.

Isikan data untuk akun whatsapp business

Langkah 4: Lengkapi Profil Bisnis di Menu Pengaturan

Keempat, kamu dapat melengkapi semua informasi mengenai bisnis di menu Settings → Business Tools.

Mulailah dengan mengisi semua detail informasi mengenai profil bisnis seperti nama bisnis, kontak, alamat lengkap, status, katalog produk, jam buka-tutup, email, website, dan akun media sosial yang dapat ditautkan.

Lalu kamu juga dapat mengatur bagaimana kamumenggunakan WhatsApp Bisnis tersebut seperti pengaturan notifikasi, privasi, team & wallpaper, dan sebagainya.

Lengkapi informasi akun whatsapp business di menu pengaturan

Langkah 5: Aktifkan Juga Berbagai Fitur Lainnya di Aplikasi WhatsApp Bisnis

Kelima, kamu juga bisa mengaktifkan berbagai fitur seperti balas pesan secara otomatis melalui menu SettingsBusiness ToolsGreeting Message/Away Message/Quick Replies.

Kamu juga dapat menentukan seperti apa isi pesan dari fitur balas pesan otomatis, dan juga mengatur kapan waktu pengiriman pesan.

Selain itu, kamu juga dapat mengelompokkan pesan dengan fitur Labels. Dan masih banyak lagi fitur-fitur dari WhatsApp Bisnis yang dapat kamu manfaatkan

Manfaatkan fitur-fitur lain di aplikasi whatsapp business

Bagaimana? Cara buat WhatsApp Bisnis ini sangat mudah, bukan? Bahkan kamu tidak butuh waktu lama, cukup 5 menit saja WA Bisnis kamu sudah dapat digunakan.

Baca Juga: 7 Tipe Konten Status WhatsApp untuk Lariskan Jualanmu!

Beberapa Fitur Penting WhatsApp Bisnis

WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger sama-sama merupakan aplikasi chat. Namun, keduanya memiliki perbedaan terutama pada fitur yang disediakan. Fitur-fitur pada aplikasi WA Bisnis memiliki tujuan untuk membuat profil dan membantu para pemilik bisnis mengelola percakapan dengan pelanggannya.

Setelah memahami bagaimana cara buat akun WA Bisnis, selanjutnya kamu wajib tahu apa saja fitur-fitur yang terdapat di dalam aplikasi ini. Berikut penjelasannya!

1. Nama Akun Bisnis Resmi

Fitur pertama pada aplikasi WhatsApp Bisnis yaitu pengaturan pada nama akun bisnis yang didaftarkan.

Pada WhatsApp Messenger, kamu bisa mengganti nama akun kapan saja sesuai keinginan pribadimu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan emoji atau karakter apapun di dalam nama akun WhatsApp Messenger.

Berbeda halnya pada WhatsApp Bisnis karena ada ketentuan mengenai pembuatan nama akun bisnis yang resmi dan harus kamu patuhi.

Untuk lebih lengkapnya mengenai syarat dan ketentuan dalam menentukan nama akun bisnis, kamu bisa lihat di:

2. Profil Akun Bisnis yang Detail

Pada WhatsApp Bisnis, terdapat profil yang berisi mengenai informasi bisnismu, mulai dari situs website, email, deskripsi, kategori bisnis, alamat, akun media sosial, dan sebagainya. Pelangganmu bisa melihat informasi tersebut dengan mudah jika mereka berkunjung ke profil WA bisnismu.

Langkah yang bisa kamu terapkan untuk mengedit profil bisnis adalah:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business
  • Tap 3 titik di kanan atas, dan pilih menu Business Tools
  • Pilih Menu Business Profile dan kamu dapat mengatur berbagai informasi di dalamnya

Pada profil WA Bisnis, kamu juga bisa menambahkan alamat website, halaman Facebook, dan juga akun Instagram dengan menambahkan link URL pada kolom yang telah disediakan.

3. Fitur Pesan Otomatis

Pada WA Bisnis, terdapat 3 fitur balas pesan secara otomatis, antara lain:

  • Away Message, sebagai fitur balas chat otomatis saat ada pesan dari konsumen yang masuk saat bisnis sedang tak beroperasi atau diluar jam kerja.
  • Greeting Message, sebagai fitur balas chat otomatis ketika konsumen pertama kali menghubungi kontak WA bisnismu.
  • Quick Replies, sebagai fitur yang bisa digunakan untuk membalas pesan yang sudah sangat sering dilontarkan oleh pelanggan.

4. Berbagai Fitur Pendukung Lainnya

Kamu dapat memanfaatkan berbagai fitur lain yang ada di WhatsApp Bisnis ini seperti fitur Labels, Katalog Produk, Beriklan menggunakan Facebook Ads, Short Link, Statistik, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Tools WhatsApp Marketing untuk Maksimalkan Promosimu!

Penutup

Membuat akun WhatsApp Business sangatlah mudah, kamu hanya butuh 5 langkah seperti yang telah dijelaskan di atas. Kamu perlu mengisi informasi yang valid agar pelangganmu dapat memahami apa saja produk, jasa, atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, jangan lupa juga memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan dalam aplikasi tersebut.

Untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara mendatangkan penjualan dari chattingan yang masuk, inilah saatnya bagimu untuk menguasai WhatsApp Marketing melalui Optimalisasi WhatsApp Business!

Kursus online ini akan membahas mengapa harus WhatsApp Business, serta tips & trick dalam memanfaatkan setiap fiturnya. Yuk, segera daftar kursusnya!

Bagikan Artikel Ini

Rekomendasi Kursus Jualan Online

  • Daftar
[nextend_social_login provider="google"]

atau Daftar menggunakan

Kehilangan password? Silakan masukkan Username atau alamat email Anda. Anda akan menerima Link/Tautan untuk membuat kata sandi baru melalui email.